Senin, 26 Februari 2018

081235558859 || Masjid Masjid Cardoba

Kubah Masjid Cardoba


Kubah Masjid Cardoba , atau sekarang  disebut mezquita , adalah sebuah katedral ( gedung gereja katolik ) yang berada di Spanyol , Dulunya kubah masjid cardoba merupakan sebuah masjid dan sekarang dialihkan fungsinya menjadi sebuah gereja.  Masjid Cardoba juga temasuk  sebagai peninggalan bersejarah yang telah di tetapkan oleh UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization )  pada tanggal 15 desember 1994 .

Sejarah Kubah Masjid Cardoba

Masjid  cardoba merupakan masjid yang terkenal di Spanyol , yang dibangun pada tahun 786.  Masjid Cardoba sendiri pernah dibuat sebagai gereja yang dibangun oleh bangsa Visigoth. Setelah Andalusia dikuasai oleh muslim , kemudian tempat itu dijadikan sebagai gereja dan juga masjid . namun pembagian tempat untuk masjid dan gereja ini tidak bertahan lama dikarenakan Khalifah Abdurrahman I membeli kawasan gereja yang kemudian  dirobohkan dan diganti dengan Masjid Cardoba . namun sayang , pada saat ini masjid itu hanya sebuah kenangan belaka. Mengapa demikian ? karena setelah masjid ini ditaklukkan oleh Raja Leon Alfonso , masjid ini dialih fungsikan menjadi sebuah gereja. pada saat itu masa kekhalifaan Bani Umayyah sudah tidak dapat mengatasi serbuan dari bangsa eropa dan akhirnya pun masjid cardoba diuduki oleh bangsa eropa. Beberapa tiang yang ada didalam masjid cardoba dihancurkan untuk membangun katedral  yang diberi nama “Cathedral Mezquita” yang berarti katedral masjid. Selain itu pada bangunan tersebut juga ditambahkan sebuah bel yang berada di menara masjid  guna untuk keperluan agama mereka. Pilar yang dulunya berjumlah 900 an sekarang tersisa 856 pilar akibat pembangunan katedral yang dilakukan di dalam masjid tersebut.

Arsitektur Kubah Masjid Carboda

Pada saat masa pimpinan Abdurrahman I inilah Masjid Cardoba mengalami renovasi. Tidak berhenti begitu saja , Masjid Cardoba juga mengalami renovasi yang dilakukan oleh penerus dari Abdurrahman I yaitu Abdurrahman II. Setelah itu masjid ini diperbesar dan juga dibangun mihrab. Pada tahun 987 masjid ini mengalami renovasi terakhir  dengan dibangunnya jalur penghubung yang menuju langsung ke istana. Dalam bahasa spanyol masjid cardoba disebut “ mezquita ”. masjid cardoba adalah masjid yang  paling mahsyur di seluruh Eropa. Sayangnya masjid cardoba tidak lagi dijadikan sebagai masjid melainkan dujadikan sebagai gereja atau katedral.
Arsitektur yang dimiliki oleh masjid carboda mengusung interior yang rumit , tetapi dengan kerumitannya dapat menciptakan keindahan yang luar biasa. Masjid cardoba memiliki pilar yang banyak sehingga terlihat seperti deretan pohon.  Pilar tersebut tebuat dari marmer , selain itu pintu dari masjid cardoba dilapisi dengan emas. Masjid Cardoba memiliki ukuran 175 meter untuk panjangnya sedangkan lebarnya mencapai 134 meter dan tingginya 20 meter. Gerbangnya pun tidak kalah menarik dengan interior yang ada didalamnya , karena bagian gerbangnya terdapat batu merah dan batu putih sehingga mewujudkan kesan yang menakjubkan. Masjid Cardoba sendiri merupakan bangunan masjid yang tahan terhadap gempa , dulu  pernah pada tahun 1793 an terjadi gempa dan keadaan masjid ini tetap saja tidak mengalami keretakan sedikit pun , sedangkan bangunan gereja sendiri mengalami keretakan dan keretakan tersebut masih bisa dilihat sampai sekarang. Pada malam hari masjid cardoba mampu menghabiskan 11 ton  minyak yang digunakan untuk 4.700 lampu. Selain itu masjid cardoba juga mempunyai sebuah perpustakaan yang tiap tahunnya dikunjungi oleh banyak orang , sehingga banyak sekali  ilmuan yang dulunya pernah belajar di Masjid Cardoba . Masjid cardoba sendiri menjadi saksi bahwa islam pernah mengalami masa kejayaannya  di Eropa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar