Kamis, 22 Februari 2018

081235558859 || Harga Kubah Masjid Modern

Harga Kubah masjid



Masjid agung baitun nur pati atau yang mempunyai julukan lain yaitu masjid agung baitunnur merupakan masjid besar di kabupaten pati. Harga Kubah Masjid Modern baitur baitunnur ini terletak di sisi sebelah barat alun-alun kota pati atau yang lebih dikenal sebagai simpang lima. sebelah kiri masjid agung baitunnur tepat di sisi jalan utara alun-alun, terdapat kantor bupati pati dan gedung dprd kabupaten pati.

Ciri Masjid Agung Baitun Nur Pati
Masjid ini memiliki ciri khas dan keunikan masjid adalah kombinasi apik antara marmer putih pada lantai dan dinding bagian depan yang berpadu dengan ornamen kayu berwarna coklat. sejarah dari masjid agung baitunnur pati yaitu dibangun pertama kali oleh raden adipati ario tjondronegoro nama aslinya adalah raden bagus mita. dia memegang kekuasaan antara tahun 1929 – 1895 masehi.
pembangunan masjid baitunnur ini mulai pada tahun 1261 hijriyah atau 1845 masehi.  tahun pembangunan ini ditunjukkan oleh prasasti berbentuk kaligrafi milik masjid agung baitunnur pati yang sekarang berada di masjid gambiran. kaligrafi tersebut berbunyi ibtidaiyah al masjid di sana yang berartikan awal pembangunan masjid ini adalah pada tahun 1261 hijriyah bertepatan dengan tahun 1845 masehi.
zaman dahulu atap masjid berundak seperti masjid agung demak dan masjid kuno di jawa tengah yang dibangun oleh para wali di masjid tidak memiliki kubah tetapi seperti tungku berundak bekas yang terdapat di rumah jawa kuno. kemudian pada tahun 1289 hijriyah atau 1969 masehi masjid yang Harga Kubah Masjid Modern agung baitunnur pati ini direnovasi. tahun renovasi ini bisa dilihat pada pola pada tulisan arab di sebelah kiri prasasti kaligrafi yang sama. tulisan arab pada prasasti tersebut berbunyi renovasi dan perluasan masjid ini adalah pada tahun 1389 hijriyah yang bertepatan dengan tahun 1969 masehi.
hal tersebut berarti bahwa selama 124 tahun sejak dibangun pertama kali pada tahun 1261 hijriyah atau 1845 masehi. masjid agung padi mengalami renovasi dan perluasan pada tahun 1389 hijriyah sampai atau 1969 masehi. pada tahun tersebut yang menjadi bupati pati adalah akbp raden sesuai margojoyo lukito saat itu menjabat sebagai bupati pati dari tahun 1967 – 1973 masehi pada tahun 1979 masjid agung baitunnur pati direnovasi untuk kedua kalinya di akhir jabatan bupati gowa pol drs edi rustam santiko menjadi pada kala itu menjabat sebagai bupati pada tahun 1973 – 1979.
pembangunan selesai pada tahun 1980 masehi yang pada saat itu bupati pati dijabat kolonel inf. fanny joy daya. desain masjid pada renovasi kedua ini dilakukan oleh nuryaman dari ITB bandung. desain masjid agung baitunnur pati berubah total dari desain sebelumnya. masjid agung baitunnur pati ini juga direnovasi pada tahun 1979 sampai 1980 masehi desain masjid agung padi yang sebelumnya berundak dan berkubah setelah direnovasi pada 1979 atap masjid tidak lagi berundak dan juga tidak lagi berkubah. desain bangunan masjid tersebut terkesan desain minimalis dengan bertahan sampai sekarang. masjid agung baitunnur pati juga memiliki mimbar unik dan kuno yang berumur sekitar 160 tahun ditinggal ini adalah hadiah atau pemberian raden adipati arya chandra abdi negara 9 tahun setelah pembangunan masjid. di dalam ember tersebut terdapat prasasti bertuliskan huruf arab pegon.
masjid agung baitunnur memiliki arsitektur yang unik. di samping kiri masjid menjelang menara tunggal yang terpisah dengan bangunan utama masjid. di sebelah belakang masjid berdiri gedung islamic center yang bergandengan pada tempat wudhu dan kamar mandi keunikannya antara masjid dan tempat wudhu dihubungkan dengan ke terasa atau kolam yang sama berdasarkan tanah abu-abu hasil. Silahkan ke Harga Kubah Masjid Modern.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar